Pasang Iklan

Parpol Bakal Usung Ahok pada Pilkada DKI 2017


JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) diyakini memiliki pesona tersendiri yang mampu menarik perhatian partai politik untuk kembali mengusungnya pada Pilkada DKI 2017.

Karakteristik Ahok yang kuat dalam memimpin Pemprov DKI Jakarta, dipercaya dapat menarik hati publik. Terutama saat mantan Bupati Belitung Timur itu berupaya membongkar anggaran siluman dalam APBD DKI.

Pengamat dari Centre for Strategic and International Studies (CSIS), Arya Fernandes mengatakan, parpol melirik Ahok karena belum ada yang mampu menyaingi polpularitasnya saat ini. Karena itu, banyak parpol yang ingin menempatkan kadernya sebagai calon pendamping Ahok di DKI nanti.

"Partai berkepentingan untuk menempatkan kadernya menjadi wakil. Parpol dapat menggunakan pencalonan Ahok untuk mendapatkan simpati publik," ujarnya, Sabtu (30/5/2015).

Namun, jika Ahok ingin maju kembali menggunakan kendaraan parpol, maka dirinya harus memperbaiki hubungan dengan legislator yang sempat renggang akibat konflik pembahasan RAPBD DKI 2015 kemarin.

"Tentu Ahok harus memperbaiki pola hubungannya dengan partai-partai bila ingin mendapatkan tiket (pencalonan gubernur) dari partai," katanya

Beralih pada persoalan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) yang baru, Arya menilai itu menjadi tantangan berat bagi calon independen. Sebab, calon independen harus memperoleh dukungan setidaknya 7,5 persen dari jumlah penduduk ibu kota atau sekira 750 ribu dukungan.

Namun Arya yakin ketatnya PKPU tidak akan menyurutkan semangat Ahok untuk kembali maju pada Pilkada DKI 2017 mendatang.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar