Pasang Iklan

Srikandi Indonesia Kian Tersohor Dimata Dunia

JAKARTA Sri Mulyani Indrawati kembali naik kelas dalam daftar wanita paling berpengaruh di dunia yang dirilis Forbes (World 100 Most Powerful Women). Mantan menteri keuangan ini kini menduduki peringkat 31 dalam daftar tersebut.
Pada 2014, Sri Mulyani duduk di peringkat 38 dalam daftar ini. Sementara di 2013, ibu tiga anak ini berada di peringkat 55. Sri Mulyani menjabat sebagai Managing Director World Bank. Dia adalah perempuan paling senior di lembaga internasional tersebut.
Sebagai orang nomor dua di World Bank, Sri Mulyani bertugas menggelontorkan ide dan terobosan untuk 188 negara anggota World Bank demi mencapai tujuannya, yakni menghapuskan kemiskinan dan membawa kesejahteran.
Dalam pidatonya di depan US Chamber of Commerce di 2014, ekonom ini berbicara mengenai pentingnya mengkombinasikan investasi secara sistematis dengan kondisi terkini dari negara tersebut.
 Sri Mulyani for President 2014

Sebelum berkarier di Bank Dunia, Sri Mulyani menjadi menteri keuangan di Indonesia, yang juga merangkap menteri koordinasi bidang ekonomi.
Sejak bergabung dengan Bank Dunia, dia bertanggungjawab dalam berbagai tugas operasional Bank Dunia, seperti pemberantasan kemiskinan, manajemen ekonomi dan pengembangan sektor swasta.
Sri Mulyani bergabung dengan Bank Dunia pada Juni 2010. Selama periode tersebut, dia dinilai berhasil menuntun kebijakan ekonomi bagi salah satu negara terbesar di Asia Tenggara, untuk melewati krisis ekonomi global, menerapkan reformasi kunci, pemberantasan korupsi. Selain menjadi Menteri Keuangan, dia juga pernah memimpin Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).
Selain itu, dia pernah menjadi direktur eksekutif di International Monetary Fund (IMF). Lulusan Universitas Indonesia (UI) ini, pernah menjadi profesor tamu di Andrew Young School of Public Policy di Georgia State University.
Dia merupakan sarjana di bidang ekonomi lulusan University of Illinois dan BA di bidang ekonomi dari UI. Dia telah menerima berbagai penghargaan, termasuk Menteri Euromoney Magazine Global Finance of the Year, dan Emerging Markets Terbaik Menteri Keuangan di Asia.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar