Pasang Iklan

Sepp Blatter Akhirnya Mengundurkan Diri Sebagai Presiden FIFA


ZURICH – Selama sepekan FIFA dilanda skandal korupsi, Sepp Blatter akhirnya mengundurkan diri sebagai Presiden induk sepakbola dunia tersebut. Padahal ia baru menjabat sebagai orang nomor satu FIFA di periode kelimanya pada Jumat 29 Mei 2015.

Blatter yang telah menjabat sebagai Presiden FIFA sejak 1998 ini sebenarnya memenangkan Pemilihan Presiden (Pilpres) dalam dua putaran. Itu juga lantaran pesaingnya, Prince Ali bin Hussein mengundurkan diri.

Blatter bakal mencari suksesornya saat FIFA menggelar Kongres Luar Biasa, yang rencananya bakal dihelat akhir tahun ini. “Saya akan mengatur kongres luar biasa untuk pengganti saya sebagai presiden,"kata Blatter seperti dilansir Guardian, Rabu (3/6/2015).

"Saya tidak akan berdiri di sini sebagai Presiden lagi. Saya sekarang bebas dari batasan-batasan pemilihan. Saya akan fokus pada reformasi yang lebih mendalam. Selama bertahun-tahun kami telah menyerukan reformasi. Tapi ini tidak cukup,” lanjutnya.

Pernyataan Blatter untuk menggelar Kongres Luar Biasa juga dibenarkan oleh Domenico Scala, ketua audit dan komite kepatuan FIFA. Ia menganggap Pilpres tak akan lama untuk digelar, atau paling tidak selambat-lambatnya antara Desember 2015 atau Maret 2016.

“Sementara waktu akhirnya akan sampai ke komite eksekutif, waktu pilpres mungkin terjadi antara Desember dan Maret (2016),” terangnya.

Pengunduran diri Blatter tak lepas dari skandal korupsi yang menjerat tubuh FIFA. Setidaknya ada tujuh pejabat FIFA yang terlibat kejahatan korupsi, pemerasan dan pencucian uang yang berkaitan dengan berbagai program kerja federasi tertinggi sepakbola dunia itu.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar